Archive | Tips RSS feed for this section

Ayo Bergerak

11 Feb

Tema hari ini adalah “Ayo Bergerak” .

Satu… dua… tiga… empat… berangkat kerja naek tangga pulang kerja naek tangga, turun ke kantin naek tangga. Hari ini gw bilang ke temen-temen kantor gw buat banyak bergerak.

Dengan banyak bergerak kita bisa meningkatkan metabolisme tubuh, trus setidaknya bisa lebih membakar lemak dalam tubuh. hehehe… *bermanfaat bagi yang pengen langsing 😀

Untuk para pegawai yang senasib ama gw (duduk di depan komputer seharian), sebaiknya jangan remehkan hal ini. Klo lw duduk mulu, ga baik loh. Yang pertama, lw bisa kena ambien, kadang ada juga yang sembelit dan yang lebih parah lagi saraf-saraf tubuh bisa terganggu. Melakukan gerakana peregangan otot bisa mempertahankan kelancaran aliran tubuh, sehingga tidak akan terasa lemas saat di kantor.Jangan malas untuk berdiri dan sejenak melangkahkan kaki ke tempat lain. Selain untuk bersosialisasi ama temen-temen kantor, juga bisa untuk merelaksasikan pikiran, jadi ga melulu ngadep komputer. Olahraga dikantor juga bisa dilakukan kok, malah bisa menambah mood kerja.

Advertisements

Tips n Trik Lamar Kerja

2 Jul

Iseng2 waktu browsing2 kemaren, gw nemuin tips penting buat lw-lw yang mau nyari kerja

Artikel ke 1.

Surat lamaran pekerjaan (kerja) dapat dibuat dengan dua cara yaitu:

1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (resume, curriculum vitae). Dalam model ini riwayat hidup termasuk isi surat. Karena isinya berupa gabungan, model ini juga disebut model gabungan
2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam model ini riwayat hidup merupakan lampiran. Karena itu model ini juga disebut model terpisah. Model terpisah ini lebih banyak dipakai. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, namun surat lamaran model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak panjang.

Isi surat lamaran harus singkat, padat, tidak bertele-tele, langsung mengenai persoalannya.
Yang dikemukakan ialah semua hal yang disyaratkan oleh lowongan jabatan yang bersangkutan.

Yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah :

1. Data pribadi pelamar yang meliputi :

* Nama Lengkap
* Tempat dan Tanggal Lahir
* Alamat
* Telepon dan/atau HP
* E-mail (bila ada, tidak wajib)
* Status Perkawinan

Khusus untuk Nomor Telepon atau Nomor HP tersebut di atas, jangan lupa untuk menuliskannya. Karena perusahaan penerima lamaran anda akan dapat langsung dan dengan cepat menghubungi anda.
Bila anda tidak memiliki Telp/HP, maka gunakan Telp/HP tetangga/family/rekan anda.
Hal ini kelihatannya remeh padahal SANGAT PENTING, terutama untuk perusahaan yang sebenarnya hanya membutuhkan tambahan satu atau beberapa pegawai saja.

2. Pendidikan

* Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
* Pendidikan non formal yaitu kursus-kursus atau pelatihan yang pernah diikuti

3. Pengalaman bekerja

* Jika telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuannya untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang dimilikinya itu.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Lampiran adalah segala sesuatu yang disertakan dalam sebuah surat lamaran dengan maksud untuk mempertegas atau memperkuat surat tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi pihak badan usaha atau instansi yang menawarkan pekerjaan.

Lampiran dalam surat lamaran pekerjaan adalah :
* Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
* Foto copy Ijazah terakhir
* Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
* Pas Foto terbaru
* Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)
* Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, namun bila ada, lebih baik)

Sumber : Recruitment Rizki AAP, Arif Budiman’s Weblog, Sri Wahyuningsih

Artikel ke 2.

Berdasarkan riset sosial tentang kemampuan membuat surat lamaran kerja, ada beberapa kesalahan yang kadang terjadi. Sehingga sudah ribuan lamaran kerja anda kirimkan, namun belum ada balasannya. Mungkin salah satu tips di bawah ini adalah masalahnya.

1. JANGAN TERLALU BERTELE-TELE

Saya sangat tertarik dengan iklan yang dimuat.
Oleh karena itu saya bermaksud untuk melamar pekerjaan tersebut.
Juga sekalian harapan saya, dengan surat lamaran ini
kita bisa mempererat tali silaturahmi antara kita berdua.
Bukankah dalam agama pun telah diterangkan betapa pentingnya arti sebuah silaturahmi …. …………………………..

2 BAHASANYA JANGAN SOK GAUL

Dengan hormat banget , boss !!!
Halo boss, capee deeehhh !!! apa kabar nich…..?
Saya mo ngelamar kerja nich..boleh dong…
Please…boleh ya………
……………………………

3 BAHASANYA JANGAN SOK PREMAN

Gue pernah kerja di kantor bokap,
tapi gue dikeluarin, setan banget deehhh !!
Sekarang gue ngelamar kerja di kantor elo,
ga usah khawatir soal jabatan deh…..
Ok deh !! gue tunggu panggilan kerja dari elo.
………………………………..

4 BAHASANYA JANGAN SOK AKRAB

Dengan hormat,
Hai apa kabar nih? baik-baik aja kan ?
Saya juga ketika menulis surat ini dalam keadaan sehat wal afiat.
Semoga Bapak juga baik-baik aja seperti saya disini.
Ngomong-ngomong gimana kabar anak-anak, sehat kan ?
Istri pasti makin cantik aja…..salam aja ya buat mereka.
Oya .. hampir lupa, saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan Bapak, bisa kan ?
…………………………..

5 JANGAN TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN SINGKATAN

Dgn Hrmt.
Ttrk dgn ikl lwg krj yg dmt pd srt kbr edisi sls.
Sy brmskd mengisi lwg yg bpk bthkn.
Dri thn 1999 – 2004, sy tlh bkj di aptk km farma, di bag cln srv.
………………………….

6. Jika tidak diminta, JANGAN MENENTUKAN GAJI

Untuk posisi manajer, saya minta gaji per bulan, 20 juta saja.
Untuk posisi pengawas lapangan, saya rasa cukup 2 juta per bulan.
Bila sebagai staf biasa …. gratis deh.
…………………………..

Sumber : Wan Abud, flamboyan.co.id

Artikel ke 3.

Pada divisi bidang HRD atau rekrutmen di berbagai perusahaan, menerima surat lamaran merupakan menu sehari-harinya. Surat lamaran tersebut, baik yang dikirimkan melalui pos atau email, jumlah rata-ratanya bisa 10 s/d 1000 surat per hari (tergantung besar kecilnya perusahaan). Waktu yang terbatas dan pemenuhan kebutuhan perusahaan yang mendesak (speedy customer service) menuntut divisi bidang tersebut untuk mampu mengambil keputusan dengan cepat dan cermat dalam melakukan sortir dan seleksi.

Surat lamaran sepintas terlihat mudah dan tidak terlalu penting. Namun menulis surat lamaran sebenarnya memerlukan etika. Sebab isi surat lamaran dan kelengkapannya mencerminkan sikap dan kepribadian anda.

Beberapa hal yang penting untuk diketahui berkaitan dengan penulisan surat :

1. Surat yang efektif

Surat atau email tidak hanya berfungsi sebagai “duta” bagi si pengirim, namun harus mampu menarik perhatian si penerima dengan efektif. Jika surat ditulis secara efektif, kemungkinan untuk mendapatkan balasan yang cukup baik akan semakin besar. Ingat, begitu anda menerima panggilan untuk tes atau interview, berarti anda telah meraih sukses dalam point ini.

2. Perhatikan komposisi surat

Surat lamaran yang baik tentunya memiliki isi yang berkesinambungan. Bila anda mencantumkan posisi yang anda kehendaki, tunjukkan jati diri anda. Jangan sampai perekrut menilai anda plin-plan setelah membaca surat lamaran anda.

3. Batasi isi surat anda

Bayangkan bahwa penerima surat anda adalah orang yang sibuk. Selain ia harus menyortir lamaran yang masuk, ia harus mengambil keputusan dengan cepat siapa yang ‘qualified’, siapa yang tidak. Buatlah surat lamaran yang ringkas dan padat tapi tepat sasaran.

4. Bahasa surat

Ingatlah bahwa anda bukan tengah menulis surat cinta, tetapi surat lamaran kerja yang akan menentukan masa depan anda. Gunakanlah bahasa yang benar, sopan dan mudah diingat. Penting untuk dicatat, bahasa mencerminkan kepribadian anda.

5. Posisi yang sesuai untuk anda

Sebaiknya anda jangan membuang-buang waktu untuk melamar posisi yang tidak sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan anda. Fokuskan waktu dan energi anda untuk posisi yang mendekati kualifikasi anda. Dengan demikian anda telah ‘bekerjasama’ dengan perekrut dalam penentuan karir anda.

6. Lakukan pengulangan

Sempurnakan surat lamaran anda berdasarkan pengalaman, misalnya mengedit beberapa bagian setelah anda diundang untuk tes atau interview. Setiap kali anda selesai mengikuti kegiatan seperti Training atau Seminar, anda bisa tambahkan sebagai referensi untuk mendukung kualifikasi anda.

7. Anda punya “network” ?

Sebutkan saja. Bila anda mengenal dengan baik pihak-pihak yang bidangnya relevan dengan posisi yang sedang anda lamar, tidak ada ada salahnya anda jadikan sebagai referensi. Biasanya perusahaan-perusahaan tertentu akan melakukan ‘cross-check’ dan tentunya referensi anda akan memiliki nilai tersendiri.

8. Evaluasi

Tiap kali anda mengirimkan surat lamaran, tidak ada salahnya jika anda membuat salinan atau ‘copy’nya. Berikan catatan jika ternyata anda dipanggil, tes apa yang diberikan dan bagaimana dengan interviewnya. Evaluasi kelebihannya, untuk anda tingkatkan, dan pelajari kekurangannya untuk anda perbaiki.

Diet Lagi…

19 Jun

Dulu gw pernah minum jamu-jamu dari ramuan apa aja, hasilnya ada sih… tapi klo udah ga telaten minum nya, ya balik lagi.

Tapi sekarang gw mulai mengatur kegiatan gw supaya output > dari intake, artinya jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita harus lebih kecil dari pembakaran kalori. Banyak gerak dan atur pola makan.

  • kurangin makan gorengan di pinggir jalan.
  • kurangin makan kue-kue yang manis.
  • kalo mau ngemil, makan buah aja (tapi jangan durian sama aja kali… lemaknya banyak)
  • klo bisa food combining (tau kan…rendah karbohidrat, tinggi protein, banyak makan sayur)
  • Olahraga (kunci utama tuh…)

Jadi sebenarnya bahan makanan yang mengandung kalori itu bukan hanya nasi saja. Masih banyak jenis makanan lain yang yang mengandung kalori. Terpenting adalah harus mengatur jumlah kalori yang masuk dalam tubuh hanya 500 kalori atau lebih rendah di bawah kebutuhan kalori tubuh. Selain itu olahraga sangat penting untung proses pembakaran kalori.

Saat ini gw lagi rajin-rajinnya latihan di tempat fitness ma di sanggar senam. lumayan bisa ngebentuk badan jadi lebih sexi, hehehe…. Kan klo mau kurus tapi berisi, angkat beban buat ngebentuk otot ama lakuin kardio lebih banyak buat ngebakar lemak. Buat para cewek ga usah kawatir, angkat beban ga bakalan bikin otot ngegembung kayak ade rai kok. kan hormon testosteron kita ga ada.

Olah raga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kita. Jika tidak kuat sebaiknya dikurangi dahulu. Olah raga biasa dihitung berdasarkan jumlah jam exercisenya, tidak melulu dari beberapa kali seminggu. BIla dilakukan 2 kali dalam seminggu, tapi efektif dan membuat badan kita bugar, berarti cukup 2 kali. Jika dipaksakan, akibatnya tidak bagus untuk kesehatan.

Diet yuk…

19 Jun

Bagi para cewek, Berat badan merupakan momok paling mengerikan. Gw paling sensitif klo udah ditanya masalah BB (berat Badan, Bukan Bau badan).

Gw mau bagi2 ilmu tentang diet neh.

Pada prinsipnya, diet adalah pola pengaturan makanan ke dalam tubuh. Tak hanya untuk mendapatkan berat badan yang ideal, diet juga dilakukan untuk menopang proses penyembuhan dari penyakit, bahkan untuk merawat kecantikan.

Kulit wajah adalah cerminan asupan nutrisi Anda. Pilihan makanan yang tepat dapat membuat Kita tampak lebih cantik. Jadi jangan sampe salah DIet ya… taunya ntar malah badan jadi loyo, muka jadi kusem, kulit jadi kendor…

neh rahasianya :

1. Makanlah buah-buahan dan sayuran berwarna oranye, merah atau hijau tua, seperti; labu kuning, wortel, ubi jalar, tomat dan bayam – setiap hari. Bahan makanan yang berwarna ini, diketahu mengandung zat beta karoten, sejenis antioksidan yang dapat menangkal aktivitas sel radikal bebas penyebab kulit berkerut.

2. Agar kulit  sehat, para ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi dark chocolate, biji bunga matahari, serta teh hijau.

3.jangan lupa olahraga yang teratur. itu adalah kunci utama agar badan kenceng, fit ama tetep cantik. Cos, dengan gitu, keringat bisa keluar, yang bisa bikin wajah makin cerah, seger. olahraga juga merupakan solusi detoks lho… pembuangan racun dalam tubuh.

Oh Tulangku…

11 Jun

Pagi ini bener2 pagi yang menjengkelkan. lama ga Olahraga kali ya… badanku pegel2. tulangku kaku semua, padahal baru seminggu ga ke gym.

Buka mata langsung nyalain komputer, browsing2 tentang kesehatan tulang, neh hasilnya :

Tips Agar Tulang Tetap Kuat

Print E-mail

Tulang yang kuat membantu Anda dalam melakukan aktivitas setiap hari. Karena itu, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Tips berikut mungkin bisa Anda terapkan dengan mudah.

Makan makanan berkedelai
Beberapa studi menemukan bahwa makanan berbahan dasar kedelai sangatlah berguna untuk tulang. Itu karena kandungan fitoestrogen yang ada di dalamnya. Anda bisa mendapatkannya dari
tempe, tofu, ataupun susu berkalsium.

Perhatikan asupan garam
Sodium berlebihan bisa menyebabkan berkurangnya kandungan kalsium dari tulang. Karena itu, batasilah asupan garam dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan mengurangi garam dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Vitamin C dalam jumlah yang cukup
Vitamin C berguna untuk membangun kolagen pembentuk tulang. Beberapa penelitian membuktikan, wanita yang rajin mengonsumsi suplemen vitamin C mempunyai tulang yang lebih kuat. Anda bisa mendapatkannya dari tomat, stroberi, brokoli, kentang, dan tambahan berupa suplemen vitamin C 200 mg setiap hari.

Tambahan suplemen magnesium
Magnesium juga penting untuk pembentukan tulang. Anda bisa mendapatkannya di sayuran berdaun hijau, biji-bijian, produk turunan susu, serta kacang-kacangan.

Jangan lupa vitamin K
Vitamin K membantu memperlambat pengeroposan tulang dan mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran berdaun hijau serta minyak zaitun.